​​​​​​​Peran dan Risalah Wanita; Hakikat Malu dan Kelembutan Perempuan

18
79
views

perempuan-berhijab-salah-satu-tanda-muslimahPersfektif Ali Khamenei, Pemimpin Spiritual dan Pemerintahan Tertinggi Republik Islam Iran

Terkait wanita dan pria, Islam berpandangan bahwa dua makhluk ini tidak memiliki perbedaan sama sekali dari sisi hak asasi sosial, nilai-nilai spiritual, tujuan-tujuan yang tinggi dan untuk memiliki spiritual di bidang keilmuan dan suluk menuju pada Allah. Keduanya sama dan di antara keduanya ada kerjasama di tengah-tengah masyarakat. Di dalam sistem pemerintahan Islam, tidak seorang pun mengatakan bahwa di berbagai kancah kehidupan sosial, kaum wanita dan kaum pria; satu sama lainnya tidak boleh bertemu. Namun pada saat yang sama mewajibkan wanita dan pria untuk tidak bergaul secara bebas. Islam telah menetapkan hijab di antara keduanya. Yaitu hijab rasa malu (al-Haya’u). Hijab rasa malu antara wanita dan pria merupakan sesuatu yang fitri. Ini adalah pandangan Islam. (pidato dalam pertemuan bersama para santri perempuan dan budayawan di musholla Qom, 16/9/1374)

Barat; Penghancur rasa malu di antara wanita dan pria

Masalah hijab yang menjadi sandaran Islam merupakan simbol dari dasar ini, sangat bagus dan penting. Islam tidak menerima pergaulan bebas antara wanita dan pria. Sementara Barat ngotot pada pergaulan bebas, khususnya antara wanita dan pria. Apa yang dilakukan Islam, yakni tidak menerima pergaulan bebas antara wanita dan pria, merupakan hal yang berdasarkan tabiat manusia. Tabiat wanita dan pria. Ada hijab secara fitri dan ada rasa malu secara fitri antara dua jenis ini. Secara alami ada pada manusia, tentunya tidak pada hewan. Orang yang merusak perkara fitri ini harus bertanggung jawab dan itu adalah Barat. Yaitu budaya telanjang yang dipaksakan oleh Barat. Pada tahun-tahun terakhir ini, pada dekade akhir ini secara perlahan-lahan merasakan satu persatu akibatnya yang merugikan. Hancurnya rumah tangga, rusaknya moral, merambahnya masalah ini pada usia dini dan sebagainya. Mereka harus bertanggung jawab. Merekalah sebenarnya yang menginjak-injak hak wanita dan hak pria. Islam dengan menjaga prinsip yang fitri ini sedang bersikukuh pada hak wanita dan hak pria. Islam telah menjaga hak-hak manusia. Jiwa semacam inilah yang harus dimiliki oleh wanita Iran saat ini, yang harus dimiliki oleh wanita muslim yang hidup di lingkungan Islam. (pidato dalam pertemuan bersama para santri perempuan dan budayawan di musholla Qom, 16/9/1374)

Rasa malu dan kemuliaan adalah gabungan antara kelembutan dan ketajaman iman

Hari perawat adalah hari ulang tahun kelahiran Sayidah Zainab. Ini adalah peringatan bagi kaum wanita kita. Temukanlah peran kalian. Pahamilah tentang keagungan menjadi seorang wanita, keterkaitan antara hijab, rasa malu dan kehormatan diri wanita (Iffah) dengan kemuliaan sebagai seorang muslim dan mukmin. Wanita muslim kita seperti ini.

Keagungan seorang wanita adalah ketika ia mampu menjaga hijab dan rasa malu serta kehormatan dirinya yang ditetapkan oleh Allah pada seorang wanita. Gabungkan hal ini dengan kemulian sebagai seorang mukmin. Gabungkan hal ini dengan rasa tanggung jawab dan menjalankan kewajiban. Pergunakan kelembutan ini pada tempatnya sendiri. Pergunakan juga ketajaman ini pada tempatnya sendiri. Gabungan halus ini hanya milik kaum wanita. Gabungan halus kelembutan dan ketajaman khusus bagi kaum wanita. Ini adalah keistimewaan yang diberikan Allah kepada wanita. Itulah mengapa dalam al-Quran dua wanita diumpamakan sebagai teladan keimanan, bukan teladan keimanan kaum wanita, tapi teladan keimanan seluruh umat manusia; wanita dan pria.

“Wa Dharaballahu Matsalan Lilladzina Amanu Imra’ata Fir’auna” (QS. Tahrim:11) dan “Maryama Binti Imrana” yang satu adalah istri Firaun dan yang kedua adalah Sayidah Maryam. Ini semua adalah isyarat dan tanda-tanda yang menunjukkan logika Islam. (pidato dalam pertemuan akbar bersama para perawat, 1/2/1389)

Kehormatan diri adalah pilar utama membela wanita

Setiap gerakan yang dilakukan untuk membela wanita, rukun aslinya adalah harus menjaga kehormatan diri wanita. Sebagaimana yang sudah saya sampaikan, di Barat karena tidak memerhatikan poin ini, yakni masalah kehormatan diri wanita tidak dianggap penting dan tidak memedulikannya, maka akibatnya adalah terjadinya pergaulan bebas. Jangan dibiarkan kehormatan diri wanita yang merupakan unsur terpenting bagi kepribadian seorang wanita, diabaikan begitu saja. Kehormatan diri wanita adalah sebuah perantara bagi ketinggian dan kemuliaan pribadi wanita di mata orang lain. Meski di hadapan mata para lelaki penyembah syahwatpun dan orang-orang yang tidak punya aturan. Kehormatan diri wanita adalah sumber penghormatan dan kepribadiannya. (pidato dalam acara seminar besar para wanita, bertepatan dengan kelahiran Sayidah Fathimah az-Zahra, 30/7/1376)

Menjaga kehormatan diri wanita lebih dari hanya sekedar urusan pribadi

Masalah kesucian dan menjaga kesucian diri bagi pria dan wanita merupakan perkara yang sangat penting. Dan secara umum telah keluar dari batas yang hanya sekedar urusan pribadi. Sekelompok orang beranggapan bahwa masalah ini kembali pada urusan pribadi seseorang. Pada akhirnya seseorang; apakah dia suci ataukah tidak? Masalahnya bukan ini. Yang didapatkan seseorang tentang sikap al-Quran dengan masalah wanita dan pria, hubungan wanita dan pria, menjaga kehormatan wanita dan kesucian pemuda; baik pria maupun wanita, sangat jelas dan bukan hanya sekedar masalah pribadi. Pada akhirnya, seseorang bergantung pada dirinya sendiri; apakah dia menjaga kesucian dirinya, ataukah tidak yakni berbuat dosa. Tapi masalahnya tidak demikian. Bahkan bisa memengaruhi nasib umat manusia, nasib peradaban dan gerakan sebuah masyarakat yang berkecimpung dengannya. (pidato dalam pertemuan dengan para pemain film Sayidah Maryam, 7/8/1378)

Menjaga kehormatan diri dan kesucian masyarakat; kewajiban besar

Wahai para hamba Allah, Wahai orang-orang mukmin dan mukminah, wahai orang-orang muslim dan muslimah, wahai para pelaku dan pendiri shalat, jagalah ketakwaan ilahi! Waspadalah! Kenalilah konspirasi musuh! Kenalilah darurat revolusi! Ketahuilah bahwa menjaga kehormatan diri dan kesucian masyarakat serta kesucian diri pria dan wanita di masa yang sangat sensitif masyarakat revolusioner Iran ini merupakan sebuah keharusan dan kewajiban yang besar. Berusahalah untuk menjaga kehormatan diri baik di lingkungan kantor, di lingkungan gang dan jalan maupun di lingkungan masyarakat. (pidato khutbah Jumat, 13/4/1359)

Saat ini di tengah-tengah kehidupan sosial, masyarakat kita cenderung menjaga kehormatan dan kesucian diri. Cenderung pada hijab. Kaum pria maupun wanita hidup dengan menjaga kesucian dan hijabnya. Tentunya ada beberapa orang yang tidak bisa mengontrol dirinya. Namun di samping semua ini ada kanal-kanal kefasadan [kekejian]. (pidato khutbah Jumat, 11/5/1365)

Mengubah budaya kehormatan diri; rencana negara-negara industri dunia

Negara-negara industri dunia dengan memerhatikan pengalaman masa lalu negara-negara seperti Afghanistan, Mesir, Irak dan negara-negara Islam Arab dan non Arab, telah menganggap Islam sebagai bahaya utama. Dengan cara menguasai budaya, ekonomi dan sosial, mereka menjadikan kaum wanita sebagai sebuah eksperimen sejarah.  Dan serangan itu dilakukan pada hijab wanita dan mengubah budaya kehormatan diri pada kaum wanita. Pada tahapan ini kita menyaksikan wanita muslimah mengerjakan shalat, berpuasa, dan pergi berziarah, namun tidak tidak berhijab. Karena tidak menentukan secara jelas seorang teladan wanita muslimah dan wanita menurut al-Quran. (pidato dalam seminar; peran wanita di dalam masyarakat di universitas Tarbiyat Moallem, 10/12/1364)

Mencopot hijab; mukadimah untuk mencerabut kehormatan diri dan rasa malu

Mencerabut hijab adalah mukadimah untuk mencerabut kehormatan diri. Untuk mencerabut rasa malu di tengah-tengah masyarakat Islam. Untuk menyibukkan masyarakat dengan faktor yang sangat kuat yaitu seksual. Tujuannya adalah supaya urusan yang lain tertinggal. Dan dalam beberapa waktu program ini berhasil. Namun, keimanan yang tinggi bangsa Iran tidak mengizinkannya. Para wanita muslimah kita tetap bertahan di hadapan tekanan yang menindas ini meski harus menghadapi tekanan-tekanan ini sepanjang zaman. Setelah kepergian Rezakhan [Shah Pahlevi] kondisinya sedemikian rupa,  di masa dia sendiri juga demikian, di masa-masa thaghut yang lainnya juga demikian. Oleh karena itu, pada bulan Dey tahun 1356, pada tanggal 17 bulan Dey, di Mashad terjadi sebuah demonstrasi besar-besaran yang dilakukan oleh para wanita muslimah dengan slogan “Menjaga Hijab”. (pidato dalam pertemuan bersama berbagai lapisan masyarakat Qom, 19/10/1386)

Hijab; penjaga kehormatan diri wanita

Masalah hijab, mahram dan non mahram, melihat dan tidak melihat, semua ini agar masalah kehormatan diri tetap terjaga. Islam menganggap penting masalah kehormatan diri wanita. Tentunya kehormatan pria juga penting. Kehormatan diri bukan khusus untuk wanita. Kaum pria juga harus menjaga kehormatan dirinya. Hanya saja, karena pria di tengah-tengah masyarakat lebih kuat dari sisi jasmani dan bisa berbuat zalim terhadap wanita, dan berbuat sesuatu yang bertentangan dengan keinginan wanita, maka masalah kehormatan wanita lebih ditekankan.

Kalian bila melihat dunia saat ini, kalian akan menyaksikan bahwa salah satu masalah kaum wanita di dunia Barat khususnya di negara Amerika Serikat, kaum lelaki melanggar kehormatan wanita dengan bersandar pada kekuatan dirinya. Saya melihat data statistik yang disebarkan oleh para pejabat resmi Amerika sendiri, yang satu berkaitan dengan pengadilan Amerika dan satu lagi berkaitan dengan pejabat lainnya. Data yang ada benar-benar mengerikan. Dalam setiap enam detik terjadi pemerkosaan di negara Amerika. Lihatlah, betapa pentingnya masalah kehormatan diri! (pidato dalam acara seminar besar para wanita, bertepatan dengan kelahiran Sayidah Fathimah az-Zahra, 30/7/1376)

Menghargai nikmat besar suasana kehormatan diri di tengah-tengah masyarakat

 

 

 

Sekarang, hargailah kondisi ini dimana semua kaum wanita bisa hidup secara terhormat [dari sisi kehormatan diri]. Sekarang kondisi sosial kita adalah kondisi dimana para wanita kita, para remaja putri kita, mereka yang ingin hidup dengan terhormat dari sisi kehormatan dan kesucian diri, bisa hidup dalam kondisi ini dengan terhormat, ini adalah nikmat yang besar bagi sebuah masyarakat. (pidato khutbah Jumat, 16/10/1362)

Wanita Iran; menjaga kehormatan diri dan kewibawaan ketika hadir di kancah sosial dan aktivitas keilmuan[] (Redaksi) (Sumber: Parstoday)

baca juga

Berita Terbaru

18 KOMENTAR

  1. 912862 367126Youre so cool! I dont suppose Ive read anything such as this before. So good to get somebody with some original thoughts on this topic. realy we appreciate you starting this up. this fabulous web site are some issues that is required on the internet, somebody with just a little originality. beneficial function for bringing a new challenge on the world wide internet! 348842

  2. y stage. May be for months and may be for never. Remember her laughing at the wind, her blizzard collar up. Corner of Harcourt road remember that gust. Brrfoo! Blew up all her skirts and her boa nearly smothered old Goodwin. She did get flushed in the wind. Remember when we got home raking up the fire and frying up thoAlso visit my webpage : 야동 https://bxx100.com

  3. er Hamlet is Shakespeare or James I or Essex. Clergymen’s discussions of the historicity of Jesus. Art has to reveal to us ideas, formless spiritual essences. The supreme question about a work of art is out of how deep a life does it spring. The painting of Gustave Moreau is the painting of ideas. The deepest poetry of my site : 온라인카지노 https://nice100.xyz

  4. that poor Nancy Blake died a month ago of acute neumonia well I didnt know her so well as all that she was Floeys friend more than mine poor Nancy its a bother having to answer he always tells me the wrong things and no stops to say like making a speech your sad bereavement symphathy I always make that mistake and newAlso visit my webpage : 온라인바카라 https://gam77.xyz/온라인바카라

  5. I think this is among the most significant info for
    me. And i’m glad reading your article. But want to remark on some general things, The
    web site style is perfect, the articles is really
    nice : D. Good job, cheers

  6. Pretty section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to
    assert that I acquire in fact enjoyed account your blog posts.
    Anyway I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here