Diprotes Netizen Karena Hina Gusmus, Pandu Wijaya Bawa Ibunda Minta Maaf Langsung Ke Gusmus

12
63
views

gusmusREMBANG, jurnalisindonesia.com – Isu demo 2 Desember kembali menyita perhatian. Kini yang menjadi sasaran penghinaan adalah KH Mustofa Bisri. Seorang ulama kharismatik dan santun.  Pasalnya KH Mustofa Bisri atau yang akrab dipanghil Gus Mus mengemukakan pandangannya tentang hukum fiqih menggelar salat Jumat di jalan.

 

Kasus ini bermula saat Gus Mus melakukan kultwit di Twitter lewat akun @gusmusgusmu. Gus Mus bicara soal rencana Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI melakukan aksi salat Jumat di jalan protokol Jakarta pada Jumat, 2 Desember 2016. Gus Mus berharap aksi salat Jumat di jalan itu tidak dilakukan massa karena dinilainya merupakan bid’ah besar.

“Kalau benar, wah dalam sejarah Islam sejak zaman Rasullullah SAW baru kali ini ada bid’ah sedemikian besar. Dunia Islam pasti heran,” cuit Gus Mus pada 23 November 2016 pukul 16.46 WIB. Cuitan itu pun direspons Pandu Wijaya lewat akun Twitternya @panduwijaya_.

“@gusmusgusmu Dulu gk ada aspal Gus di padang pasir, wahyu pertama tentang shalat jumat jga saat Rasullullah hijrah ke Madinah. Bid’ah ndasmu!” cuit Pandu Wijaya yang kini mengunci akun Twitternya.

Cuitan Pandu Wijaya itu pun diprotes banyak netizen karena dinilai sangat kasar memaki seorang ulama. Tidak lama berselang PT Adhi Karya pun memberikan SP3 kepada Pandu Wijaya karena dinilai melakukan pelanggaran berat yang merugikan nama baik perusahaan.

Karena banyak diprotes netizen, Pandu kemudian meminta maaf kepada Gus Mus. “Nyuwun pangapunten atas kesalahan dalem, mugi2 @gusmusgusmu lan santrinipun maringi ngapunten,” tulis pria kelahiran 1991 ini di akun Twitter @panduwijaya_.

Gus Mus sendiri sudah memaafkan dan meminta kepada perusahaan Pandu untuk tidak mengeluarkannya.

gusmus-lagiDan akhirnya pada Jum’at (25/11/2016), ditemani ibunya, karyawan kontrak di PT Adhi Karya Pandu Wijaya datang menemui langsung KH Mustofa Bisri atau Gus Mus. Dia meminta maaf karena telah menghina tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu.

Komisaris Utama PT Adhi Karya Fadjroel Rachman menyampaikan hal itu lewat akun Twitter-nya @fadjroeL seperti dilihat detikcom, Jumat (25/11/2016). Dia mengucap syukur Gus Mus bersedia menemui Pandu.

Akun Twitter GP Ansor Kraksaan @ansorkraksaanpc mengunggah foto pertemuan itu. Pandu nampak duduk lesehan mengenakan kemeja warna putih dan peci hitam. Di samping kiri dan kanannya duduk ibunya dan saudaranya.

Gus Mus yang mengenakan pakaian serba putih dan kopiah berwarna senada duduk bersila di hadapan Pandu dan ibunya. Di foto itu dia nampak tersenyum meski di depannya duduk seorang pemuda yang telah menghinanya.

Suasana pertemuan tersebut nampak hangat. Pandu dan keluarganya disuguhi makanan dan minuman oleh Gus Mus. Akun GP Ansor Kraksaan menyebut Pandu telah meminta maaf kepada pengasuh Pondok Pesantren Raudlatuh Tholibin, Rembang, Jawa Tengah, itu.

Foto postingan Ach Khumaedi Mbfi yang diunggah Fadjroel menyebut, Pandu sadar akan ucapannya yang telah menghina Gus Mus. Pandu meminta maaf dan sadar telah bersalah menghina Gus Mus.

gusmus-1Gus Mus sebelumnya sudah angkat bicara soal penghinaan yang dilakukan Pandu terhadapnya. Menurutnya, tidak ada yang perlu dimaafkan atas perlakuan tidak pantas yang diterimanya dari anak muda kelahiran 1991 itu. Dia mengucapkan itu lewat akun Twitter-nya @gusmusgusmu menjawab permohonan maaf yang disampaikan Fadjroel sebagai Komisaris Utama PT Adhi Karya.

“Tidak ada yang perlu dimaafkan, Mas Fadjroel. Kesalahannya mungkin hanyalah menggunakan ‘bahasa khusus’ di tempat umum. Maklum masih muda,” tulis Gus Mus sambil menyertakan emoticon senyum. Bahkan Gus Mus memohon kepada Fadjroel agar Pandu tidak dipecat. Saat itu memang banyak netizen yang menyerukan agar Pandu diberhentikan dari pekerjaannya.

Gus Mus sendiri berharap kasus ini jadi pelajaran berharga. Dia meminta agar orang jangan mudah emosi dan marah jika dihina atau direndahkan oleh orang lain.

“Kalau ada yang menghina atau merendahkanmu, janganlah buru-buru emosi dan marah. Siapa tahu dia memang digerakkan Allah untuk mencoba kesabaran kita. Bersyukurlah bahwa bukan kita yang dijadikan cobaan,” ucapnya.

 

Atas maraknya pola penghinaan yang terjadi di Sosial Media terhadap KH Mustofa Bisri dan KH Ma’ruf Amin, Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat, KH Cholil Nafis mengatakan tidak sepatutnya hal tersebut terjadi. Bukan hanya kepada ulama, terhadap orang biasa pun tidak boleh dilakukan pelecehan.

“Pertama, kita tidak hanya pada ulama. Kepada orang biasa pun jangan dilecehkan. Karena kita harus hargai siapapun kita,” kata Cholil ketika ditemui di Aula Gedung MUI Pusat, Jl. Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2016).

Terkait dengan penghinaan yang dialami oleh Gus Mus tersebut, Cholil mengatakan seharusnya perbedaan pendapat dijawab dengan argumentasi. Argumentasi yang dikeluarkan itu disesuaikan dengan pendapat yang dikeluarkan.

“Oleh karena itu, siapapun yang kurang setuju dengan pendapat orang lain, dijawab saja dengan argumentasi. Kalau itu berkenaan dengan ilmiah, boleh dengan ilmiah. Umpama, sekarang sedang kontroversi salat di jalanan. Kan ada yang memperbolehkan dan tidak membolehakan,” tutur Cholil.

Ia menambahkan, dalam penggunaan medsos, mestinya digunakan dengan baik. Sehingga medsos dapat membuat lebih cerdas.

“Kita tidak boleh mengejek individunya. Sampaikan saja argumentasinya, dan sampaikan saja penolakannya. Tapi tanpa menyerang pribadi. Itu namanya penggunaan medsos lebih cerdas dan membuat kita lebih cerdas. Karena membuat kita berargumentasi, melatih menulis dan membantu berpikir. Tapi kalau individu yang sudah diserang, biasanya bukan membangun. Tapi malah menciptakan permusuhan,” ungkapnya.[] (ZA/DI)

 

baca juga

Berita Terbaru

12 KOMENTAR

  1. 398343 204560Currently really do not stop eating because there is yet the decision which you will transform into. Function from your home us rrs often a fad for that who wants to earn dollars yet still enough time requires most substantial occasions employing children and kids goes for as the modern habit. attract abundance 790138

  2. 923859 140838This douche bag loves his illegal bretheren because hes a itiaen with the world and we should be ashamed of ourselves I got news for you Asswipe get your asswiping ass back towards the craphole where you came from with all of your illegal beaners 627796

  3. 768394 545779Great V I should definitely pronounce, impressed with your website. I had no trouble navigating through all tabs as well as related info ended up being truly simple to do to access. I recently found what I hoped for before you know it in the least. 374843

  4. 965791 436031I discovered your blog website website on the search engines and check several of your early posts. Always preserve up the very excellent operate. I lately additional increase Rss to my MSN News Reader. Searching for toward reading considerably more on your part later on! 836134

  5. I simply want to tell you that I am just very new to blogging and site-building and actually liked your web blog. Likely I’m planning to bookmark your blog . You really come with perfect article content. Thanks a bunch for revealing your web-site.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here