Raja Salman Marahi Trump, Trump : Itu Karena Mereka Bodoh

5
3
views

WASHINGTON, jurnalisindonesia.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam pertemuannya di Green Bay, Winconsin, mengungkapkan reaksi kemarahan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ketika dihubungi via telepon.

Pemicu kemarahan karena pemimpin Gedung Putih itu meminta uang untuk AS sebagai imbalan dukungan keamanan Washington kepada Riyadh.

Raja Salman marah ketika Trump mengeluh AS kehilangan USD4,5 miliar per tahun untuk melindungi Arab Saudi. Pemimpin Amerika itu mengungkapkan kemarahan Raja Salman dalam sebuah pertemuan umum Make America Great Again (MAGA) dengan para pendukungnya di Green Bay, Wisconsin, Sabtu (27/04/2019).

“Kami (AS) kehilangan USD4,5 miliar pada sebuah negara (Arab Saudi) untuk membela mereka, dan mereka kaya. Mereka dalam keadaan terkejut karena mereka tidak pernah mendapat panggilan seperti ini dalam 25 tahun ini”, tegas Trump di hadapan kerumunan pendukung.

Trump melanjutkan, AS telah kehilangan USD4,5 miliar setiap tahun, dan tidak akan melakukan hal gila ini lagi. Namun, disisi lain Arab Saudi tidak terima dan menganggap hal itu tidak adil. Menurut Trump, yang dilakukannya sudah adil, namun jika Arab Saudi tetap ingin AS melakukan hal gila itu, Trump menginginkan bayaran yang lebih dari yang sudah dikeluarkan AS dalam membantu Arab Saudi.

“Kami (Arab Saudi) akan memberi Anda USD500 juta lebih, saya bilang saya ingin lebih. Kami berdebat. Dan akhirnya mereka membayar kami lebih dari USD500 juta”, ucap Trump.

Trump menambahkan, Raja Salman bertanya kepadanya perihal pemanggilannya melalui via telepon kepada pihak kerajaan Arab Saudi, sebab tidak ada yang pernah melakukan hal seperti itu selain AS.

“Itu karena mereka bodoh!”, sambung Trump yang disambut para pendukungnya.

Pemimpin Amerika ini mengakui tidak ingin kehilangan Arab Saudi karena negara itu merupakan pembeli produk perusahaan-perusahaan AS. Dia menegaskan dukungan keamanan Washington untuk Riyadh.

“Mereka tidak punya apa-apa selain uang tunai, sehingga mereka membeli banyak dari kita hingga mencapai USD450 miliar yang mereka beli. Saya tidak ingin kehilangan mereka”, kata Trump, seperti dikutip Al-Jazeera, Senin (29/4/2019).

Tidak jelas dari mana Trump mengutip angka USD450 miliar itu. Namun, sebuah situs web pengecekan fakta, Politic Fact menilai klaim tersebut sebagai Pants on Fire.

baca juga

Berita Terbaru

5 KOMENTAR

  1. In my opinion, jurnalisindonesia.com does a good job of covering topics of this type! Even if frequently deliberately contentious, the material posted is in the main thoughtful and thought-provoking.

  2. In my estimation, jurnalisindonesia.com does a excellent job of covering issues like this. While ofttimes deliberately controversial, the information is in the main thoughtful and thought-provoking.

  3. I’m gratified with the way that jurnalisindonesia.com handles this sort of topic. Generally to the point, sometimes polemic, consistently well-researched and more often than not quite thought-provoking.

  4. 6/4/2019 I’m gratified by the manner in which jurnalisindonesia.com handles this kind of subject matter! Usually on point, often polemic, without fail well-written and also challenging.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here