Israel-Palestina Saling Gempur, Presiden AS : Kami Dukung Israel 100%

3
4
views

Washington, jurnalisindonesia.com – Jalur Gaza memanas dengan saling gempur antara Israel dan kelompok pejuang Palestina di wilayah tersebut. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan bahwa Israel mendapat dukungan penuh Washington dalam eskalasi paling serius beberapa tahun terakhir ini.

Dukungan ini disampaikan Trump setelah Israel melancarkan serangkaian serangan udara di Gaza sebagai respon atas serangan-serangan roket Palestina.

“Sekali lagi, Israel menghadapi rentetan serangan roket mematikan oleh kelompok-kelompok teroris Hamas dan Jihad Islam. Kami mendukung Israel 100% dalam pembelaan warga negaranya”, demikian cuitan Trump di Twitter seperti dilansir kantor berita Agence France-Presse (AFP), Senin (6/5/2019).

“Kepada warga Gaza, aksi-aksi teroris terhadap Israel ini tak akan memberikan Anda apapun kecuali lebih banyak kesengsaraan. Hentikan kekerasan dan bekerja menuju perdamaian, itu bisa terjadi”, ungkap Trump dalam cuitannya.

Pesan Trump ini disampaikan menyusul eskalasi paling serius di Gaza sejak perang antara Israel dan Hamas pada tahun 2014.

Hingga saat ini, lebih dari 430 roket dilaporkan telah ditembakkan para Pejuang Palestina ke Israel sejak Sabtu lalu. Serangan balasan pejuang Palestina itu menarget beberapa distrik Zionis, di mana beberapa roket menghantam distrik Netivot, Ashkelon dan Sha’ar HaNegev.

Militer Israel pun melancarkan serangkaian serangan udara sebagai respon atas serangan-serangan roket dari Jalur Gaza yang dikuasai kelompok Hamas tersebut.

Secara keseluruhan, Kementerian Kesehatan di Gaza menyatakan bahwa 19 warga Palestina tewas akibat serangan-serangan Israel di Jalur Gaza pada Minggu kemarin. Di pihak Israel, empat orang tewas akibat serangan roket dari Gaza.

Kementerian Kesehatan di Gaza menambahkan, di antara warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel pada Minggu kemarin adalah seorang perempuan hamil dan seorang bayi berumur 4 bulan.

Setidaknya sembilan warga Palestina yang tewas telah dikonfirmasikan sebagai milisi yang terkait Hamas atau kelompok Jihad Islam.

Otoritas Israel menyatakan, empat warga sipil tewas di Israel saat roket-roket dan setidaknya sebuah rudal anti-tank ditembakkan para milisi Palestina dari Jalur Gaza.

Tiga dari empat korban jiwa tersebut diidentifikasi sebagai warga negara Israel, sedangkan kewarganegaraan korban tewas keempat belum diumumkan.

baca juga

Berita Terbaru

3 KOMENTAR

  1. In my opinion, jurnalisindonesia.com does a great job of covering subject matter of this sort. Even if often intentionally polemic, the material posted is more often than not thoughtful and challenging.

  2. In my estimation, jurnalisindonesia.com does a excellent job of handling subjects of this sort. Even if sometimes intentionally contentious, the posts are generally well-written and thought-provoking.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here