Kemenag Buka Program Beasiswa Santri Berprestasi Ke Luar Negeri

2
1
views
Foto: Kemenag RI

Jakarta, jurnalisindonesia.com – Untuk mengakomodir santri berprestasi yang hendak melanjutkan kuliah diluar negeri, Kementerian Agama (Kemenag) mulai tahun ini membuka Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).

Seperti dilansir situs resminya bahwa peminat PBSB sangat antusias, tercatat ditahap I telah diikuti 992 santri. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ahmad Zayadi menuturkan bahwa tes seleksi PBSB Luar Negeri tahap I dilakukan dengan sistem Computer Based Test (CBT).

Zayadi, begitu sapaan akrabnya, menuturkan bahwa santri yang mengikuti seleksi diatas berasal dari Madrasah Aliyah Swasta (MAS), serta Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang menjadi bagian dari pesantren. Turut juga santri pada Satuan Pendidikan Muadalah, santri pada Pendidikan Diniyah Formal, serta santri pada Pesantren Salafiyah penyelenggara pendidikan kesetaraan.

“Kemenag menggelar seleksi tahap I PBSB Luar Negeri serentak di 5 lokasi, yaitu: UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Gunung Jati, MAN 1 Semarang, ITS Surabaya, dan MAN 2 Model Makassar”, jelas Zayadi, Selasa, (14/05/2019).

Untuk mendapatkan calon mahasiswa yang benar-benar mampu, pihak Kemenag menyiapkan beberapa seleksi lanjutan. Untuk seleksi tahap I meliputi tes potensi akademik, tes bahasa Arab dan Inggris, tes Kepesantrenan yang meliputi Khazanah Islam Indonesia dan substansi ilmu kepesantrenan, soal sendiri beberapa disajikan menggunakan Bahasa Arab dengan tingkatan level tinggi.

“Hal ini sekaligus sebagai upaya untuk menyeleksi santri yang memiliki penguasaan bahasa Arab yang bagus”, papar Zayadi.

Peserta yang nanti dinyatakan lulus akan mengikuti seleksi tahap II dan akan diprioritaskan kepada program penguasaan Bahasa Arab.

Berikut sebaran data peserta CBT PBSB Luar Negeri di 5 lokasi:

1. DKI Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (475 santri)

2. Jawa Barat, UIN Sunan Gunung Djati Bandung (105 santri)

3. Jawa Tengah, MAN 1 Semarang (111 santri)

4. Jawa Timur, ITS Surabaya (203 santri)

5. Sulawesi Selatan, MAN 2 Model Makassar (98 santri).

baca juga

Berita Terbaru

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here