Kemenag Adakan Seleksi PPG Madrasah

0
2
views
Sumber : Kemenag.co.id

BOGOR, jurnalisindonesia.com – Untuk terus meningkatkan mutu lulusan mendatang, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kementrian Agama (Kemenag) akan mengadakan seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk Jabatan tahun 2019. Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Bina GTK MI/MTs Musthofa Fahmi di Bogor, (15/05/2019).
Tahun ini jumlah peserta seleksi akademik dikisaran 138 ribu guru, dan akan dilaksanakan pada 20-25 Mei 2019.

“Untuk PPG dalam jabatan, Kemenag hanya menyediakan 6.800 kuota, terbagi dalam 6.000 guru mata pelajaran agama dan 800 guru mata pelajaran umum”, ungkap Fahmi saat rapat kordinasi Teknis Seleksi Akademik PPG.

Selain itu, dia juga memaparkan bahwa seleksi akademik PPG 2019 rencananya akan menggunakan sistem  Computer Based Test (CBT), serupa dengan apa yang telah menjadi capaian saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Sistem ini dirasa cocok, mengingat sangat efektif ketika dipakai saat UNBK”, jelasnya.

Pesan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag, M Nur Setiawan bahwa PPG seharusnya tidak hanya bertujuan untuk melegalisasi profesi guru saja. Tapi, lebih kepada upaya untuk mengarus utamakan moderasi beragama.

“PPG harus dilaksanakan serius, sehingga melahirkan guru-guru yang moderat, karena guru akan bersinggungan langsung dengan peserta didik”, tuturnya.

baca juga

Berita Terbaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here