Jokowi; Pancasila Harus Jadi Benteng Menghadapi Bahaya Ideologi Lain

1
8
views

JAKARTA, jurnalisindonesia.com –  Peringatan Hari Lahir Pancasila Nasional Tahun 2019 dapat menjadi momentum bagi bangsa untuk terus berbenah diri dalam merajut kembali tali silaturrahim yang merenggang di tengah masyarakat pasca Pemilu 2019.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa bangsa Indonesia harus bersyukur bisa dianugrahi Pancasila untuk menjadi acuan dalam kehidupan berbangsa, hal itu disampaikan ketika memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Nasional Tahun 2019 di Gedung Pancasila, (01/06/2019).

“Yang menjadi benteng untuk menghadapi bahaya ideologi-ideologi lain. Yang jadi rumah bersama bagi seluruh komponen bangsa,” ungkap Presiden Jokowi.

Tantangan yang hadapi oleh negara sebesar Indonesia memang sangat kompleks, namun sejauh berdirinya negara besar dan majemuk ini masih mampu menghadapi tantangan tersebut dan mampu menjadikan Indonesia semakin kokoh.

“Tujuh puluh empat tahun perjalanan Republik Indonesia, telah membuat bangsa kita menjadi bangsa yang dewasa dan matang. Tujuh puluh empat tahun yang penuh dinamika, naik dan turun. Tetapi kita bisa mengelolanya, mampu mengelolanya, dan semakin memperkokoh persatuan kita”, jelas Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya Jokowi juga menyebut bahwa saat ini tantangan besar yang dihadapi Indonesia adalah masalah kemiskinan juga ketimpangan yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Terakhir, Jokowi mengajak semua elemen bangsa untuk menjadikan momentum Hari Lahir Pancasila ini menjadi awal untuk meneguhkan komitmen serta mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. Terutama keterlibatan semua komponen bangsa harus senantiasa ikut andil dalam menjaga nilai luhur Pancasila.

“Dari para ulama dan para tokoh agama. Dari sekolah, dari madrasah, dari pesantren, sampai perguruan tinggi. Dan dari budayawan, para budayawan dan profesional untuk ikut serta dalam akselerasi pembanguman SDM ini”, harap Jokowi.

baca juga

Berita Terbaru

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here