Demi Literasi, DPD KNPI Gelar Pelatihan Jurnalistik Untuk Pemuda Kolaka

477
2
views

KOLAKA, jurnalisindonesia.com- Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Kolaka gelar kegiatan pelatihan jurnalistik di aula SMS Berjaya Kantor Bupati Kabupaten Kolaka Senin, (15/07/2019). Hasbir Jaya Rasak, selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga turut hadir dalam acara pembukaan kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut sekaligus membuka kegiatan secara resmi senin pagi.

Dengan mengusung tema “Pemuda Menulis Untuk Membangun Kolaka”, ketua DPD KNPI Kabupaten Kolaka Asrul Syarifuddin menjelaskan tujuan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan jurnalistik ini.

Ia mengatakan, “Tujuannya bagaimna caranya membumikan atau membudayakan budaya literasi untuk pemuda di Kab. Kolaka. Karena saya melihat budaya literasi di Kolaka ini sudah mulai redup. Jadi saya harapkan peserta kegiatan jurnalistik ini bisa menjadi motor bagaimana membudayakan budaya literasi di Kabupaten Kolaka.” Jelasnya.

Lebih lanjut, dalam menjelaskan latar belakang peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut, Ketua Panitia Ade Subarkah menjelaskan, “Kegiatan pelatihan jurnalistik ini digelar selama tiga hari dimulai pada tanggal 15 s/d 17 Juli 2019. Kegiatan ini juga diikuti oleh 15 Organisasi Kemahasiswaan Pemuda (OKP) dengan delegasi masing masing OKP terdiri dari dua orang.” Ungkapnya

Selain itu, kegiatan pelatihan jurnalistik ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemuda Kolaka dalam menjalankan program KNPI Kab. Kolaka Dibidang pendidikan riset dan teknologi untuk Program literasi pemuda.

Mengikuti arah tercapainya tujuan pelatihan ini, tak tanggung-tanggung, DPD KNPI Kab. Kolaka juga menghadirkan pemateri yang kompeten dan mahir dalam bidang tersebut.

Adalah Subiran Paridamos, mantan jurnalis Tempo, yang hingga saat ini juga menjabat sebagai Dewan Pendiri Sekolah Peradaban, menjadi pengampuh tunggal dalam menyampaikan materi di kegiatan pelatihan jurnalistik yang berlangsung selama tiga hari itu.

Pemuda yang akrab di sapa Biran ini juga mengimbau kepada seluruh pemuda Kolaka terkhusus bagi yang mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik ini agar terus menanamkan benih kecintaan terhadap aktivitas menulis jika benar-benar ingin membangun Kolaka melalui aktivitas ini.

“Saya percaya bagaimana dahsyatnya pengaruh dan kekuatan dari sebuah tulisan mampuh memberi dampak yang positif bagi sebuah peradaban. Ini tergantung dari niat dan cara pandang kita dalam menuangkan gagasan. Namun begitu, ilmu yang terkait dengan aktivitas tersebut juga seharusnya menjadi perhatian. Pemuda Kolaka harus menanam benih kecintaan terhadap aktivitas menulis terlebih dahulu jika ingin menjadi penulis handal. Saya yakin, jika kegiatan seperti ini bisa terus terlaksana, maka tentu harapan kita untuk membangun Kolaka melalui tulisan dalam waktu dekat tentu bisa kita capai bersama. Semoga, Insya Allah.” Ungkapnya

Hal senada juga di sampaikan Sabil Muflih salah satu peserta kegiatan pelatihan jurnalistik yang berharap “DPD KNPI Kabupaten Kolaka dapat terus menggelar kegiatan seperti ini.” Ujarnya.

 

Penulis: Wawan
Mahasiswa PKIP Universitas 19 November (USN)

baca juga

Berita Terbaru

477 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here