REDAKSI

Sekilas tentang jurnalisindonesia.com

Jurnalisindonesia.com adalah portal berita online yang hadir sebagai kritik dan solusi terhadap fenomena dan nomena kemahasiswaan, kepemudaan, kemasyarakatan, keumatan, kebangsaan, kenegaraan dan dunia global untuk menyuguhkan data dan informasi (pengetahuan) yang mencerahkan kesadaran berpikir dan kesabaran membangun peradaban.

Jurnalisindonesia.com adalah perwajahan baru dari penanusantaranews.com yang merupakan media online yang tergabung dalam Media Pena Nusantara News Group. Ia merupakan portal berita yang disuguhkan bagi siapa saja dan dimana saja yang tidak mempunyai akses terhadap media cetak kami (Koran LPM News, Koran Hegemoni, Koran Toleran, Majalah Pena Nusantara News, Tabloid Semesta Perempuan, Jurnal Semesta Peradaban, serta buku-buku yang diterbitkan oleh LPM UMJ Press dan Pena Nusantara Press) juga tidak mempunyai akses terhadap genre media TV kami (Pentara TV, LPM TV dan JI TV), serta tak bisa mengakses dengan mudah institusi pendidikan Sekolah Peradaban Jurnalis Indonesia dan Sekolah Peradaban Politik Indonesia.

Dalam era konvergensi media seperti sekarang ini, Media Pena Nusantara News Group juga senantiasa berbenah, termasuk dengan menghadirkan dan menyuguhkan protal berita online jurnalisindonesia.com Kendati awalnya bergerak sebagai pers mahasiswa, namun kecanggihan sistem dan kualitas sumber daya manusia yang profesional yang dimiliki oleh kader Sekolah Peradaban Jurnalis Indonesia, akhirnya pers mahasiswa yang di awali di UMJ ini mampu melebarkan sayapnya menjadi media Profesional yang layak menjadi alternatif terhadap menjamurnya media massa dewasa ini.

Sama seperti media cetak dan TV yang dimilik oleh Media Pena Nusantara News, portal online jurnalisindonesia.com juga mengusung slogan “Ideologis, Inspiratif, Inovatif, Kreatif, dan Kritis”.

Ideologis berarti alasan dan tujuan didirikannya Sekolah Peradaban dan Media Pena Nusantara News Group bercorak ideologis. Yakni menjadikan Media sebagai saluran penyampaian pengetahuan yang tidak bebas nilai, apalagi hanya mengejar akumulasi kapital yang berorientasi profit semata. Dengan mengusung konsep kurikulum “Tauhid Jurnalis atau Jurnalisme Pancasila”, media ini berupaya mencerahkan paradigma berpikir, lisan , tulisan dan akhlak masyarakat untuk senantiasa diorientasikan pada kebenaran dan kebaikan ketauhidan. Ada sebuah itikat baik dari pencetusnya untuk memurnikan gerakan jurnalis yang menjadikan Pancasila sebagai basis ideologi tauhid jurnalisnya. Sebab, sebagai putra dan putri, serta sebagai pemuda dan pemudi Indonesia, ada sebuah eksepkatasi untuk membangun peradaban Indonesia berdasarkan cita-cita adi luhung dari Pancasila.

Inspiratif berarti segala bentuk penyampaian data dan informasi (pengetahuan) yang dilakukan oleh media ini senantiasa menjadi pencerah kesadaran berpikir, lisan, tulisan dan akhlak, sehingga menginspirasi semua pembaca untuk menjadi penyampai pengetahuan yang menjadikan kebenaran dan kebaikan ketauhidan sebagai landasannya.

Inovatif berarti segala bentuk aktivitas media kami termasuk dalam hal pewartaan data dan informasi tidaklah sekedar mengikuti perkembangan zaman namun berupaya mendahului zaman. Ia senantiasa menampikan dan menyuguhkan wacana dan narasi peradaban dalam semua sektor dan genre dengan karakter, gaya, tampilan, dan metodologi yang baru dan berbeda dari yang lain.

Kreatif berarti segala bentuk aktivitas media kami merupakan interpretasi produktif dan kreatif dari kualitas kader Sekolah Peradaban yang hendak menyuguhkan wacana dan narasi peradaban dengan sentuhan yang merakyat dan mudah dipahami dan diikuti oleh semua elemen masyarakat.

Kritis berarti segala bentuk produk jurnalistik media kami tidak mau nyaman dengan zona kemapaman sistem dan wacana, tetapi senantiasa melakukan kritik terhadap sistem yang ada dari segala sektornya untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Akhirnya dengan bangga kami mempersembahkan portal berita online jurnalisindonesia.com sebagai alternatif media massa main streem yang ada di Indonesia dan dunia global. Semoga bermanfaat bagi siapa saja dan dimana saja yang mengakses website kami.

Tak ada karya yang luput dari kritik, masukan, saran, tanggapan termasuk hujatan, olehnya itu kami menyadari bahwa eksistensi media kami juga sangat tergantung pada empati para pembacanya dalam mencari, memperifikasi, menyeleksi, menyimpan dan menyimpulkan setiap pewartaan informasi dan pengetahuan yang kami lakukan. Semoga media ini benar-benar menjadi pencerah di tengah menyamurnya data dan  informasi dari berbagai sumber media lainnya.

Jurnalisindonesia.com resmi dirilis pada bulan 17 agustus 2016, sebagai bagian dari uforia dan jawaban pengabdian pemuda dan pemudi yang tergabung di institusi pendidikan Sekolah Peradaban dan institusi Media Pena Nusantara News Group dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 71.  Sekolah Peradaban dan Media Pena Nusantara News Group berdiri pada 21 April 2011 di Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Struktur Keredaksian

Penangggungjawab: Yayasan Sekolah Peradaban Jurnalis Indonesia dan Lembaga Pers Mahasiswa UMJ

Pendiri dan Pembina : Subiran Paridamos, S.Ip, M.Ik

Dewan Redaksi : Subiran Paridamos, Zefry Andalas, M. Rizal Rumra

Direktur Utama : Zefry Andalas, S.Ap

Pemimpin Redaksi : Muhammad Rizal Rumra

Redaktur Internasional : Ilyasa

Redaktur Nasional : M. Azlansyah

Redaktur Politik : Nopri Agustian

Redaktur IpTek : Nurul Hasmi

Redaktur Timehope : Siti Maryamah

Redaktur Unik : Ida Ayu

Redaktur Figur : Zafrudin

Redaktur Inspirasi : Ghina Rizki

Redaktur Budaya & Bisnis : Ghina Rahmi

Redaktur Kuliner & Nusantara : M. Fandika Yazid

Redaktur Pers Mahasiswa & Opini : Batras

Redaktur JI TV : Bobby Arista

IT : Tim

Wartawan : Siti Rahmatia, Aina Fachra Rabiah, Nurma Khumairoh,  Mutiara Fedin, Rudianto, Faisal Bayu Saputra